Teknik Mengecat Untuk Ruang Menjadi Unik

Mengecat ruang dengan berbagai warna merupakan salah satu cara membuat rumah tampak lebih menarik. Untuk menambah keunikan ruang, anda juga bisa bereksperimen dengan teknik-teknik mengecat seperti color washing, sponging, Masking tape dan dragging yang memberikan efek berbeda.

Color Washing

kansaicoatings_colorwash

Dengan mencampurkan 50% cat emulsi dengan 50% lem wallpaper, anda bisa mendapatkan efek berawan atau kabut pada dinding ruang pada rumah. Anda perlu memberikan warna dasar yang pucat dan warna cat lapisan yang kuat untuk menampilkan efek yang maksimal. Caranya mudah, yaitu dengan menggunakan kuas yang besar, sapukan campuran cat secara acak, seperti sedang menyapu. Siapkan juga kain lap untuk mengangkat kelebihan cat.

Sponging

thisoldhouse_sponging

Teknik sponge adalah cara yang mudah untuk membaurkan perpaduan warna terang dan tua pada dinding. Untuk mewujudkannya, anda memerlukan dua jenis cat sebagai warna dasar dan sebagai warna dekoratif. Pertama, anda perlu melapisi seluruh dinding dengan cat dasar dan tunggu hingga kering. Kemudian anda bisa membuat motif-motif dengan menggunakan sponge yang sudah dibasahi. Sponge yang biasa digunakan adalah yang terbuat dari rumput laut, tapi anda juga bisa mengguanakan busa spons biasa yang terbuat dari bahan sintetis.

Masking Tape

thenester_maskingtape

Dengan menggunakan masing tape, anda dapat menghadirkan bentuk-bentuk geometris yang kuat dan menarik mata. Untuk menerapkan teknik ini, diperlukan ketelitian saat merencanakan, mengukur, dan menempel tape pada basecoat yang sudah kering pada dinding. Lamanya proses tergantung seberapa rumit desain anda. Jika menggunakan beberapa warna berbeda, pengaplikasiannya pun harus satu per satu agar tidak berantakan. Sabarlah menunggu keseluruhan cat mengering sebelum mengelupas tape dan menikmati hasil karya anda.

Dragging

thisoldhouse_dragging

Teknik ini tepat dipilih untuk menambahkan tekstur pada ruang. Dan bila ingin tekstur yang lebih tebal, anda bisa membuat campuran antara cat emulsi dengan lem wallpaper. Setelah cat siap, sapukanlah pada dinding sehingga menutupi garis dasar. Sebelum mengering, gunakan kuas khusus dragging atau kuas berbulu panjang yang sudah dibasahi, untuk disapukan diatas cat. Agar terlihat bagus, bulu-bulu kuas harus ditahan hingga datar pada dinding saat ditarik. Walaupun mudah, anda harus berhat-hati agar bisa menarik garis yang benar-benar lurus. Jika panjang dinding sulit dijangkau, sebaiknya dinding dibagi dengan garis yang memotong.

 

Sumber : gabriella anita ariffin

https://www.linkedin.com/in/gabriella-ariffin-0bab4380?trk=hp-identity-name